• Breaking News

    Wednesday, February 8, 2017

    Tips Mengatasi CPU Usage 100%

    Tips Mengatasi CPU Usage 100%

    Hallo sobat my-seven7ash yang setia, kali ini saya ingin membagi artikel mengenai Tips Mengatasi CPU Usage 100% dan Penyebabnya. Sebelumnya saya ingin bertanya apakah reaksi sobat ketika membuka Task Manager dan mendapati angka CPU usage mencapai 100% padahal tidak membuka program apapun?. CPU Usage 100% pada komputer adalah hal yang umum terjadi setelah penggunaan yang sekian lama. tetapi selain itu ada banyak hal yang mempengaruhi CPU usage. Misalnya program yang berjalan di system tray terlalu banyak. Atau bisa juga terjadi karena processor sobat yang overheat akibat terlalu lama dinyalakan.

    Masalah CPU usage yang meningkat disinyalir akibat dari kegiatan kerja yang tidak sebanding dengan kapasitas processor. Jika Anda memang sedang menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan sih mungkin wajar saja. Namun yang menjadi masalah adalah jika komputer masih dalam keadaan idle saja CPU Usage sudah tinggi,dan tiba tiba melonjak menjadi 100% hanya karena membuka explorer. Kalau sudah begini komputer tidak lagi bersahabat,performance menjadi lambat dan sering hang karena prosesor kepanasan.

    Baca Juga

    Jika computer anda mengalami masalah CPU USAGE yang selalu tinggi seperti ini, segeralah bertindak agar kerusakan tidak menjadi semakin parah. Karena jika didiamkan saja akibatnya bisa merusak hardware (terutama Prosessor karena terlalu panas). Cara mengetahui CPU Usage dengan membuka windows task manager atau dengan keyboard dan menekan bersamaan Alt+Ctrl+Del di windows XP, Ctrl+Shift+esc di windows 7. Maka akan tampil Task Manager lalu pilih tab Performance, pada keadaan wajar biasanya CPU Usage berada pada posisi 5% sampai 75%.

    Bagaimana jika grafik performace CPU Usage selalu 100% atau grafik tidak pernah terlihat turun, walaupun kita tidak sedang menjalankan aplikasi apapun?

    Tips Mengatasi CPU Usage 100%

    Hal tersebut bisa di pastikan bahwa ada aplikasi yang bekerja sendiri di belakang layar, sehingga CPU terus melakukan proses secara terus menerus atau karena sebab yang lain.
    Beberapa permasalahan yang paling sering menjadi penyebabnya adalah registry error, terpapar banyak program jahat/malware, service & starup program yang berjalan, banyak terjadi kerusakan pada file windows/corrupt dan sebagian lagi karena hardware. Sebelum melakukan langkah perbaikan dan pengecekan, pastikan dulu kalau memory RAM masih dalam keadaan normal artinya memory fisiknya masih sesuai sehingga dapat disimpulkan permasalahan bukan pada memory RAM.

    Lakukan penanganan masalah berurutan seperti berikut agar CPU usage kembali normal:

    1. Cek suhu pada CPU anda menggunakan aplikasi pengecek suhu.
    2. Cek suhu dari CPU menggunakan aplikasi seperti Real Temp, Speed Fan dan masih banyak banyak lagi, pastikan suhu CPU dalam keadaan normal antara 45 derajat – 55 derajat. Jika suhunya lebih tinggi, coba periksa kinerja dari fan CPU. Bersihkan dan kalau perlu dilumasi. Jika memang kinerja dari fan CPU sudah tidak normal atau lebih tepatnya putaran dari fan sudah lemah (perlu diganti). Tapi jangan di ganti terlebih dahulu, kita coba cara terakhir yaitu install ulang. kemungkinan banyaknya file system yang error/corupt atau bahkan hilang akibat virus dan lain lain.Umumnya hal ini akan ditandai dengan CPU Usage 100% , kinerja yang sangat lambat, sering error dan bahkan hang.

    3. Lakukan Scan Malware atau Spyware
    4. Kemungkinan besar penyebab masalah diatas karna ulah malware atau Spyware yang menyerang komputer tanpa kita sadari. Cobalah melakukan Scanning menggunakan Antivirus Kepercayaan sobat untuk memastikan kalau kamputer sobat terbebas dari Virus.

      Baca Juga

    5. Kurangi Startup Program dan Service yang berjalan.
    6. ini juga masalah yang menyebabkan masalah diatas, saya pernah melihat CPU usage laptop saya menggunakan TASK MANAGER kemudian saya melihat bahwa ada beberapa Service yang memakan Resource yang cukup besar, matikan beberapa Service yang tidak terlalu penting, Caranya sbb :

      - Buka Start Menu
      - Klik Run, lalu ketikkan ” msconfig ” tanpa tanda kutip
      - Pada System Configuration pilih tab ‘service’ atau ‘startup
      - Hilangkan tanda centang pada service yang tidak dibutuhkan.
      - Klik OK dan Restart komputer sobat

      Ingat jangan sembarangan mematikan fungsi Service karna bila sobat keliru PC sobat bisa restart sendiri, Berikut adalah Service yang aman untuk sobat matikan supaya bisa mengurangi beban CPU :

      Alerter
      Clipbook
      Computer Browser
      Fast User Switching
      Human Interface Access Devices
      Indexing Service (Slows the hard drive down)
      Messenger
      Net Logon (unnecessary unless networked on a Domain)
      Netmeeting Remote Desktop Sharing (disabled for extra security)
      Remote Desktop Help Session Manager (disabled for extra security)
      Remote Procedure Call Locater
      Remote Registry (disabled for extra security)
      Routing & Remote Access (disabled for extra security)
      Server
      SSDP Discovery Service (this is for the utterly pointless
      “Universal P’n’P”, & leaves TCP Port 5000 wide open)
      TCP/IP NetBIOS Helper
      Telnet (disabled for extra security)
      Universal Plug and Play Device Host
      Upload Manager
      Windows Time
      Wireless Zero Configuration (for wireless networks)
      Workstation


    7. Bersihkan windows dari Registry yang bermasalah.
    8. Cobalah melakukan Scanning Registry Pada windows sobat, banyak software bisa digunakan untuk membersihkan Registry windows, salah satunya yaitu yang saya pakai bernama CCleaner, selain Open source software ini tak akan berbahaya untuk keseimbangan windows sobat :
      - Jalankan CCleaner
      - Pilih tab registry kemudian klik ‘scan for issues’
      - Jika ditanya untuk membackup registry pilih ‘yes’.
      - Klik ‘Fix issues

    9. Pengecekan SVCHOST.EXE
    10. Biasanya pada windows terdapat perogram yang bernama SVCHOST.EXE, dan berjalan dengan bukan hanya 1 program, bahkan bisa sampai 7 program yang bernama SVCHOST.EXE berjalan dalam waktu yang bersamaan, (kemungkinan virus dan SVCHOST palsu).
      - Buka task manager, CTRL+ALT+DELETE
      - Lihat ke tab PROCESS
      - Cari program yang bernama SVCHOST.EXE
      - Jika ada banyak, kill/matikan salah satu (yang asli program windows hanya 2-3)
      - kill yang processnya memakan memory usage dan CPU Usage besar 
      - klik kanan pada program yang mau di matikan
      - klik end process, kalau ada peringatan klik YES

    11. Jika cara diatas tetap tidak memberikan hasil, mungkin anda perlu software yang bernama Procces Tammer.
    12. Program ini sangat aman karena berjalan secara otomatis untuk mematikan dan memprioritaskan hanya untuk proses yang diutamakan saja. Process Tamer adalah sebuah program kecil yg efisien dan akan berjalan dibelakang agar anda bisa memonitor proses yang sedang dijalankan. Anda bisa melakukan penyetelan untuk memprioritasakan beberapa proses yang dianggap penting, bisa diberikan prioritas low, normal atau high.
      Download Link : Procces Tammer

    13. Instalasi ulang Operating system komputer. Yang terakhir jika sampai langkah keenam diatas tidak mendapatkan hasil,kemungkinan besar banyaknya file system yang error/corupt atau bahkan hilang akibat virus dan lain lain.Umumnya hal ini akan ditandai dengan CPU Usage 100% ,kinerja yang sangat lambat,sering error dan bahkan hang. Maka sepertinya anda perlu untuk melakukan langkah pamungkas untuk mengatasi hal ini yaitu melakukan Instalasi ulang Operating system komputer.

    CPU usage tinggi tidak selamanya buruk

    Pernah dengar "wah CPU usage tinggi tuh, bahaya!"? Menjawab mitos ini sebenarnya CPU usage tinggi tidak selalu menjadi pertanda buruk. Dalam hal ini CPU usage tinggi berarti processor sobat sanggup bekerja dengan performa maksimal. Namun yang membuatnya buruk adalah jika levelnya tinggi namun tidak sedang melakukan proses apapun.

    CPU usage tinggi juga bisa menjadi "sinyal" bahwa komputer sobat sudah terlalu lama menyala dan processor butuh istirahat. Tidak hanya itu, CPU usage yang cepat meninggi bisa menandakan bahwa suhu processor mulai memanas. Sobat bisa mengganti heat sink dengan water cooling system atau sekedar mengganti thermal pasta processor.

    Saran dari saya agar CPU usage tetap dalam ambang normal: hanya jalankan program yang perlu saja, hindari multitasking ketika komputer melakukan rendering, perbaiki file registry yang rusak, nyalakan komputer sesuai dengan batas waktunya, ganti thermal pasta secara rutin, gunakan water cooling system, atau bisa juga dengan menggunakan processor "tahan banting".

    Terima Kasih Telah Membaca Artikel : Tips Mengatasi CPU Usage 100%
    Add a Comment. Read Comment Policy ▼
    Please Note
    - No live link
    - Pergunakan bahasa baku dan tanpa singkatan serta sesuai dengan topik pembahasan
    - Komentar yang relevan akan saya balas dan kunjung balik secara otomatis (tanpa meminta)
    - Tekan "subscribe by email" untuk mengetahui balasan dari saya
    - Untuk mendapatkan BACKLINK, gunakan OpenID. Baca --> Cara mengaktifkan OpenID

    No comments:

    Post a Comment

    Follow blog
    + Follow
    Join on this site

    with Google Friend Connect

    COPYRIGHT

    Seluruh artikel atau konten yang ada di blog MY-SEVEN7ASH ini sifatnya adalah Open Source.

    Artinya, Anda boleh mengcopy sebagian artikel yang ada di blog ini, tapi kami mohon untuk tidak melakukan copy paste melalui feeds (xml) karena itu bisa menghancurkan blog ini.

    Mencantumkan sumber atau tidak itu merupakan hak Anda.
    back to top