• Breaking News

    Tuesday, March 14, 2017

    Tips Mengatasi dan Membersihkan Hard Disk Drive C yang Penuh

    Tips Mengatasi dan Membersihkan Hard Disk Drive C yang Penuh

    Tips Mengatasi dan Membersihkan Hard Disk Drive C yang Penuh Secara Aman

    Pernahkan sobat mengalami permasalahan tiba-tiba hard disk local drive C: yang penuh dengan sendirinya??. Padahal sobat merasa tidak pernah melakukan install software baru di komputer atau laptop sobat. Masalah ini dapat menyebabkan kinerja atau kecepatan Windows jadi menurun. Di drive C: pulalah secara default pagefile ditempatkan. Ketika sisa space di drive ini menjadi terlalu kecil, maka alokasi-nya juga mau tidak mau akan mengecil. Jumlah file (bukan cuman besarnya file) juga berpengaruh terhadap kinerja Windows.

    Baca Juga

    Masalah drive C: penuh bisa disebabkan oleh beberapa faktor antara lain :
    • Terdapat banyak data / file yang terdapat di drive C:
    • Banyaknya file-file error atau sampah yang berasal dari update Windows
    • Drive C: penuh dikarenakan terserang virus yang dapat menyebar dan menggandakan diri

    Baca Juga

    Untuk itu my-seven7ash akan memberikan sedikit Tips mengatasi dan membersihkan Hard disk Drive C: yang penuh secara Aman.

    1. Menggunakan Disk Cleanup

    Kita tidak perlu menginstall software lain untuk melakukan hal ini. Karena Windows secara built-in sudah menyediakan tool yang sangat berguna untuk membersihkan file temporary atau file sementara yang biasanya terbentuk dalam setiap proses yang dilakukan Windows dan juga software lain. Selain itu, dengan Disk Cleanup kita bisa memilih data tidak penting mana yang aman untuk dihapus. Untuk menjalankan Disk Cleanup, sobat cukup klik kanan pada salah satu drive di Windows Explorer, kemudian klik Properties

    Tips Mengatasi dan Membersihkan Hard Disk Drive C yang Penuh


    Setelah itu akan ada proses scanning yang lamanya tergantung seberapa banyak file yang harus dibersihkan.

    Tips Mengatasi dan Membersihkan Hard Disk Drive C yang Penuh


    Sesudah selesai, sobat bisa memilih tipe file mana saja yang hendak anda hapus, meliputi file temporary, log files, file di recycle bin, dan file-file lain yang tidak penting. Bisa dibilang semua file yang direkomendasikan aman untuk dihapus. Anda bahkan bisa menghapus file sistem yang defaultnya tidak tampak. Jika anda ingin melakukannya, tekan saja pada tombol Cleanup system files.

    Tips Mengatasi dan Membersihkan Hard Disk Drive C yang Penuh


    Jika sobat merasa masih kurang, sobat bisa klik pada tab More Options dan menekan tombol Cleanup dibawah System Restore and Shadow Copies untuk menghapus juga system restore data. Jika sobat melakukannya, maka Disk Cleanup akan menghapus semua system restore kecuali yang terakhir. Jadi, sebelum sobat melakukannya, pastikan sistem sobat berjalan normal. Karena sobat akan kehilangan data system restore sebelum yang terakhir.

    2. Uninstall Software Yang Jarang Digunakan Dan Memakan Space Terlalu Besar

    Tidak semua software butuh space hard disk yang besar. Yang besar-besar itu biasanya game dan beberapa software super besar macam SPSS. Untuk mencari software mana yang layak dihapus dengan kriteria memakan tempat dan jarang digunakan, silahkan coba cek dengan melihatnya di Programs and Features di Control Panel. Sobat bisa melakukan klik pada kolom Size untuk mengetahui seberapa besar software tersebut memakan space hard disk sobat.
    Jika sobat tidak menemukan kolom ini, coba klik pada tombol opsi di pojok kanan atas daftar tersebut, lalu pilih Details view. Ingat, bahwa ini tidak selalu akurat.

    Baca Juga

    3. Periksa Hard Disk Sobat

    Untuk mengetahui file apa saja yang menyita ruang terlalu besar di hard disk sobat, gunakan software untuk menganalisa data di hard disk. Software semacam ini akan melakukan scanning keseluruhan hard disk dan menunjukkan file dan folder mana yang memenuhi HDD. Ada banyak aplikasi dengan fungsi seperti ini. Sobat bisa menggunakan Windirstat yang secara fungsi dan kegunaan sama dengan Tune Up Utilities


    Sekarang sobat bisa mengetahui file atau folder mana yang perlu dihapus untuk mengatasi hard disk sobat yang penuh. Yakinkan sobat tidak menghapus file sistem, hanya hapuslah file yang merupakan data sobat. Di drive C: biasanya yang besar adalah file hasil download. Bisa berupa file videosoftware, atau data lain. Dengan WinDirStat ini, sobat juga bisa memeriksa folder Program Files. Jika sobat menemukan folder yang terlampau besar, sobat bisa mempertimbangkan untuk meng-unisntall software yang bersangkutan. Sobat bisa mengetahui dengan tepat seberapa besar sebuah software menyita ruang hard disk, meskipun informasi ini tidak bisa sobat temukan di Control Panel.

    4. Membersihkan File Temporary

    Kita telah menggunakan Disk Cleanup untuk membersihkan file temporary sisa proses Windows dan software terinstall lainnya. Yang tidak dilakukan Disk Cleanup adalah membersihkan file cache dari browser seperti Firefox, Opera, Chrome, dan Internet Explorer. File cache dari browser ini bisa sangat besar loh. Terutama jika sangat intens menggunakannya. Jika sobat merasa perlu melakukannya, mungkin karena memang sangat perlu space hard disk yang lebih besar, ya silahkan. Kalau tidak sebaiknya jangan.

    Jika sobat membutuhkan cara yang lebih mudah dan efektif membersihkan hard disk sobat dari file-file yang tidak perlu, sangat direkomendasikan untuk menggunakan CCleaner – aplikasi bersih-bersih yang sakti gratis dan hanya berukuran kecil. CCleaner sanggup membersihkan junk files dari Windows dan aplikasi lain bahkan yang tidak tersentuh oleh Disk Cleanup.


    Baca Juga


    5. Cari Dan Hapus File Dobel

    Saking khawatirnya kehilangan data, atau karena kita enggan memilihi file yang akan kita copy, ada kecenderungan kita mengcopy keseluruhan folder daripada hanya file yang kita butuhkan saja. Akibatnya, kita memiliki banyak sekali file yang sama di hard disk. Biasanya file yang dobel ini berupa file foto, video, dan dokumen. Penyebab yang lain adalah karena mencari di Google itu lebih cepat dan mudah dari pada mencari di hard disk sendiri, kita bisa saja mendownload ulang file yang sama sampai lebih dari sekali. Dan bertambah lagi dech file dobel-nya.

    Untuk Membersihkan File Yang Dobel Atau Kembar Tadi, Kita Bisa Memanfaatkan Aplikasi Tertentu. Misalnya VisiPics Yang Punya Kekuatan Lebih Untuk Mencari Foto Atau Gambar Yang Dobel Di Hard Disk. Untuk Tipe File Yang Lain, Anda Bisa Mencoba DupeGuru. Kalau my-seven7ash, selama ini lebih sering memanfaatkan CCleaner. Ya, karena ada fitur file fFinder-nya.





    6. Mengurangi Alokasi Space Hard Disk Untuk System Restore

    Jika fitur System Restore memang telah menyita terlalu banyak space di hard disk sobat, bisa saja sobat mengaturnya supaya lebih hemat tempat. Sebagai akibatnya, sobat akan memiliki jumlah System Restore yang lebih sedikit yang artinya sedikit lebih rentan akan kesulitan memulihkan system jika mengalami masalah. Namun jika sobat cukup yakin sistem sobat sehat dan aman dari virus atau kegagalan sistem, opsi ini bisa memberi sobat beberapa GB space kosong di hard disk.

    Baca Juga

    7. Matikan Fitur Yang Membutuhkan Space Hard Disk Dalam Jumlah Besar

    My-seven7ash tidak menyarankan cara ini. my-seven7ash sendiri juga tidak pernah melakukannya. Memang yang akan kita lakukan ini bisa memberi kelegaan sedikit pada space hard disk kita. Tetapi yang dikorbankan adalah fitur yang sangat membantu dan berguna. Apakah itu? Fitur Hibernation.

    Iya, kita bisa dan boleh mematikan fitur Hibernation ini. Fitur ini akan menyita ruang kosong di hard disk dalam jumlah yang besar, karena dia akan menyimpan semua isi RAM sobat ke dalam hard disk. Artinya, fitur ini bisa menyimpan keadaan apapun yang terjadi di komputer sobat sebelum benar-benar berhibernasi. Nah, ini akan membuat komputer bisa dibangunkan lebih cepat, karena tidak harus membuka semua dari awal, cukup dengan mengembalikan yang disimpan tadi kembali ke RAM. Pernah lihat file di C: bernama hiberfil.sys? Itulah file untuk menjalankan fungsi hibernation ini.

    Selain itu, anda juga bisa mematikan fungsi System Restore. Sama seperti diatas. Lumayan menghemat space hard disk, tapi resikonya lumayan besar. Jika bersedia menanggung akibatnya ya silahkan dilakukan. Jika ada keraguan, sebaiknya jangan.

    Itulah beberapa Tips yang bisa sobat gunakan dan terapkan di komputer sobat jika memiliki kendala diatas. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah ilmu kita.


    Terima Kasih Telah Membaca Artikel : Tips Mengatasi dan Membersihkan Hard Disk Drive C yang Penuh

    1 comment:

    1. Really Liked the information you have provided. I have an article relaed to it. I was searching about it on the internet and I found an amazing article on Microsoft Official Site. The provided Article was about a site that provides working modded android apps. The name of the site was “Fineapkapps”. The Article was very halpful, You should read that. Click Here to reach that amazing article: Free Modded Apps.

      ReplyDelete

    Follow blog
    + Follow
    Join on this site

    with Google Friend Connect

    COPYRIGHT

    Seluruh artikel atau konten yang ada di blog MY-SEVEN7ASH ini sifatnya adalah Open Source.

    Artinya, Anda boleh mengcopy sebagian artikel yang ada di blog ini, tapi kami mohon untuk tidak melakukan copy paste melalui feeds (xml) karena itu bisa menghancurkan blog ini.

    Mencantumkan sumber atau tidak itu merupakan hak Anda.
    back to top