• Breaking News

    Monday, January 16, 2017

    Tugu Pahlawan

    Hangout - Tugu Pahlawan

    Tugu Pahlawan

    Surabaya mendapat julukan sebagai Kota Pahlawan. Hal ini karena terjadinya pertempuran di kota ini pada tanggal 10 Nopember 1945 dimana para pejuang menurunkan bendera Belanda dan membunuh pemimpin Belanda yang bernama Jenderal Mallaby. Pertempuran ini menjadi bagian sejarah dari berdirinya bangsa Indonesia.

    Salah satu bangunan yang menjadi kebanggaan kota Surabaya adalah Tugu Pahlawan. Tugu yang menjadi peringatan terhadap perjuangan bangsa Indonesia dapat menjadi tempat wisata yang menarik, terlebih untuk Anda yang menyukai sejarah atau untuk mengenalkan sejarah kepada keluarga. Di sini, Anda dapat melihat Tugu Pahlawan, secara langsung juga berkunjung ke Museum 10 Nopember yang ada dalam kawasan ini.

    Tugu Pahlawan Surabaya

    Patung Ir Soekarno dan Moh Hatta
    Terletak di pusat kota Surabaya di Jl Pahlawan, depan Kantor Gubernur Jawa Timur, berdiri sebuah monumen setinggi 41 meter untuk memperingati Pertempuran Surabaya pada tanggal 10 Nopember 1945 di mana rakyat Surabaya berperang melawan Sekutu dan pasukan Belanda yang ingin menduduki Indonesia lagi. Tugu Pahlawan berbentuk paku terbalik dengan ketinggian 40,45 meter dengan diameter 3,10 meter dan di bagian bawah diameter 1,30 meter. Di bawah monumen dihiasi dengan ukiran "Trisula" bergambar, "Cakra", "Stamba" dan "Padma" sebagai simbol api perjuangan.

    Tugu Pahlawan dibangun di atas lahan seluas 2,5 hektar yang digunakan sebagai pengadilan tinggi (Raad van Justitie) pada zaman kolonial Belanda. Selama pendudukan Jepang bangunan itu digunakan sebagai pusat pelatihan bagi polisi militer Indonesia melawan pendudukan Jepang. Selama Pertempuran Surabaya pada 10 November 1945 pengadilan itu dihancurkan oleh Sekutu.

    Tugu Pahlawan & Gapura
    Presiden Sukarno meletakkan batu pertama monumen tanggal 10 November 1951, tepat enam tahun setelah pertempuran itu. Satu tahun kemudian, pada tanggal yang sama, gedung ini dibuka untuk umum.

    Kemudian sebuah museum Perjuangan Sepuluh November dibuka yang berisi tentang pertempuran, 1945. Ada koleksi senjata, diorama dari Pertempuran, foto dan patung. Semua dalam semua museum memberikan gambaran di masa pertempuran.

    Museum 10 Nopember

    Museum 10 Nopember

    Untuk menyimpan benda-benda bersejarah yang berkaitan dengan perjuangan rakyat Surabaya, di areal ini dibuat museum yang dibangun belakangan. Museum ini dibuka sejak tahun 2000 dan dikenal dengan Museum 10 Nopember. Bangunan museum terlihat menarik karena menyerupai piramida-piramida kecil. Pada bagian tengah piramida ini terdapat patung yang menggambarkan tiga pemuda dengan senjata bambu runcing berjuang melawan penjajah.






    Batu Monumen 10 Nopember
    Dalam museum terdapat diorama tentang perjuangan rakyat Surabaya dan rekaman pidato Bung Tomo yang berhasil membangkitkan semangat berjuang rakyat Surabaya. Koleksi lainnya adalah berbagai benda peninggalan Bung Tomo, peta dan senjata-senjata yang digunakan pada saat berperang melawan Belanda dan sekutunya. Anda juga dapat lebih mengetahui bagaimana gambaran tentang pertempuran yang terjadi dengan menyaksikan film dokumenter yang menceritakan pertempuran 10 Nopember 1945.

    Fasilitas

    Tersedia beberapa penjual souvenir dan beberapa tempat makan di sekitar monumen ini.

    Akses

    Monumen Tugu Pahlawan ini terletak di depan Kantor Gubernur Jawa Timur. Aksesnya sangat mudah dijangkau, dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum seperti taksi.
    Pintu Masuk Tugu Pahlawan

    Jam buka

    Hari Selasa-Jumat buka mulai pukul 07.00-15.00 WIB dan Sabtu-Minggu buka mulai pukul 07.00-12.00 WIB.

    Biaya tiket masuk

    Tiket masuk ke monumen ini adalah sekitar Rp 5.000 per orang.

    Terima Kasih Telah Membaca Artikel : Tugu Pahlawan
    Add a Comment. Read Comment Policy ▼
    Please Note
    - No live link
    - Pergunakan bahasa baku dan tanpa singkatan serta sesuai dengan topik pembahasan
    - Komentar yang relevan akan saya balas dan kunjung balik secara otomatis (tanpa meminta)
    - Tekan "subscribe by email" untuk mengetahui balasan dari saya
    - Untuk mendapatkan BACKLINK, gunakan OpenID. Baca --> Cara mengaktifkan OpenID

    No comments:

    Post a Comment

    Follow blog
    + Follow
    Join on this site

    with Google Friend Connect

    COPYRIGHT

    Seluruh artikel atau konten yang ada di blog MY-SEVEN7ASH ini sifatnya adalah Open Source.

    Artinya, Anda boleh mengcopy sebagian artikel yang ada di blog ini, tapi kami mohon untuk tidak melakukan copy paste melalui feeds (xml) karena itu bisa menghancurkan blog ini.

    Mencantumkan sumber atau tidak itu merupakan hak Anda.
    back to top