• Breaking News

    Monday, January 16, 2017

    Tips Travelling Yang Harus Diketahui Oleh BackPacker

    Tips & Trik Hangout - Pengen Backpacker-an ? Berikut Beberapa Tips Untuk Para Traveler

    Tips Untuk BackPacker

    Buat kamu yang belum pernah melakoni travelling dalam negeri (Lokal) ataupun mancanegara dengan backpacker style, tapi memiliki keinginan untuk menjalani tipe perjalanan yang demikian. Sebenarnya, traveling itu nggak melulu mahal. Ada banyak cara untuk jalan-jalan murah. Menjadi traveler atau berjalan-jalan ala backpacker yang merupakan salah satu cara untuk jalan-jalan murah.

    Sayangnya, masih banyak orang yang beranggapan jadi traveler itu ribet karena semuanya harus diurusin sendiri. Inilah tips yang sangat berguna untuk para backpacker Indonesia. Tips-tips berikut ini yang sebaiknya kamu simak baik-baik.

    1 Cari Referensi Sebanyak Mungkin

    Cari Referensi Sebanyak Mungkin
    Melalui pencarian di internet, kamu mungkin mendapat banyak informasi tentang tempat tujuan. Tapi ingat, jangan puas dengan informasi yang sudah kamu dapatkanReferensi yang terlalu sedikit, lebih berbahaya daripada jadwal perjalanan yang terlalu ketat. Ada baiknya, kamu lebih mempelajari secara detil tentang bahasa lokal, norma-norma budaya, sejarah, dan juga letak geografis destinasi tujuan.

    2. Berhati-hati untuk menyusun jadwal perjalanan.

    Berhati hati Menyusun Jadwal Perjalanan
    Jangan sampai terlalu padat dan malah merenggut makna perjalanan itu sendiri. Ada baiknya kamu luangkan beberapa waktu untuk sekedar duduk di cafe dan memperhatikan lingkungan sekitar.


    3. Usahakan Hanya Membawa 1 Tas (Ransel)

    Usahakan Hanya Membawa 1 Tas Ransel
    Semakin berat beban bawaan kamu, semakin berat beban yang harus ditopang oleh tubuh kamu. Tentukan apa yang akan dibawa dan berapa banyak, akan mempermudah kamu melakukan perjalanan secara nyaman. Ingat semakin banyak kamu membawa barang bawaan semakin banyak yang harus kamu jaga. Pilih pakaian dan sepatu yang nyaman dan tidak memerlukan perawatan khusus. Buatlah daftar barang bawaan agar rapi dan menghindarkan dari barang tertinggal atau tertukar.

    4. Perhatikan ukuran backpack yang kamu gunakan.

    Perhatikan Ukuran Backpack
    Jangan sampai terlalu besar dan akhirnya menyulitkan langkahmu. Jangan juga terlalu kecil, dan enggak bisa memuat barang-barang penting yang dibutuhkan. 

    5. Memilih tas yang nyaman untuk dipakai. 

    Memilih Tas Yang Nyaman Untuk Dipakai
    Karena kamu akan membawanya dalam waktu yang lama, tingkat kenyamanan pun harus jadi prioritas. Kalau diabaikan, nanti kamu memendam sesal selama perjalanan, lho.






    6. Bawalah barang seperlunya supaya kamu tak kerepotan selama perjalanan.

    Bawalah Barang Seperlunya
    Usahakan membawa satu ransel saja. Membawa tas slempang kecil untuk barang-barang yang akan sering kemu keluarkan, juga sangat disarankan. Bawalah barang-barang seperlunya. Semakin banyak barang yang kamu bawa, selain berat, berarti semakin banyak pula barang yang harus kamu jaga. Kamu nggak mau kan nanti ada barang-barangmu yang tertinggal atau bahkan kecopetan?

    Pilihlah sepatu atau pakaian yang tak perlu perawatan khusus. Selain itu buatlah pula daftar barang-barang yang kamu bawa agar kamu tahu kalau ada barang yang hilang ataupun tertinggal.

    7. Hindari memakai baju atau sepatu baru. 

    Hindari Memakai Baju Baru

    Karena belum tahu seberapa nyaman saat memakainya, sebaiknya kamu hindari memakai baju atau sepatu baru.



    8. Atur Pengeluaran Pribadi

    Atur Pengeluaran Pribadi
    Pintar – pintarlah merinci sedetil mungkin biaya perjalanan dari awal. Perkiraan transport, menginap, harga akomodasi menuju tempat wisata, biaya taxi, makan, jajan, pulsa, sumbangan sukarela dll. Itu adalah nyawa dari seorang backpacker.

    Cari segala Informasi pengeluaran biaya di internet. Banyak sekali kok teman yang mau sharing pengalaman beserta rinciannya.

    Dan yang utama, JANGAN TERLALU BANYAK SHOPPING!

    9. Merencanakan dana tak terduga. 

    Merencanakan Dana Tak Terduga

    Ini kamu lakukan sebagai bentuk kewaspadaanmu dalam travelling. Jangan sampai enggak menyisihkan dana darurat dan membuat seluruh perjalananmu jadi berantakan.





    10. Bawa beberapa plastik.

    Bawa Beberapa Tas Plastik

    Ini berguna di beberapa kondisi. Misalnya, saat memisahkan baju yang masih sedikit basah dan kering agar tak bercampur di backpack. Atau melindungi beberapa barang penting saat hujan.


    11. Belajar Dari Kesalahan Teman

    Belajar Dari Kesalahan Teman
    Hal terbaik untuk mendapatkan kenyamanan dan keamanan saat traveling. Baiknya, kamu mengikuti saran teman sebelum memulai perjalanan.

    Traveling adalah kombinasi spontanitas, kerendahan hati, keyakinan, dan disiplin. Namun, untuk menyatukan hal-hal tersebut tidaklah mudah.

    Melalui saran teman yang sudah melakukan perjalanan ke destinasi tujuan kamu, pasti banyak informasi atau pengalaman menarik yang dapat menjadi ‘buku panduan'.

    12. Mengetahui alternatif transportasi. 

    Alternatife Transportasi
    Misalnya, kamu bisa gunakan bus hop-on-hop-off di beberapa kota dunia agar merasakan sensasi menaiki transportasi lokal. Ini juga sebagai upaya berhemat dalam travelling.




    13. Pilihlah destinasi-destinasi yang ramah dengan wisatawan agar membuatmu nyaman selama perjalanan.

    Destinasi Ramah Bagi Wisatawan

    Nah, dari tips-tips tersebut sangat tergantung dari tempat seperti apa yang kamu tuju. Bukan jaminan backpackeran ke tempat yang lebih kota akan lebih aman dari tempat yang desa . Tingkat kecopetan di Eropa relatif tinggi lho, apalagi di Paris dan Itali. Lagi-lagi, lihatlah referensi dari cerita perjalanan orang lain. Pilihlah tempat-tempat yang relatif aman terhadap wisatawan untuk mengurangi resiko masalah yang datang.

    14. Selalu update tiket promo pesawat maupun kereta biar perjalanmu bisa lebih murah

    Selalu Update Tiket Promo

    Hal paling penting buat jadi backpacker adalah kesiapsiagaan ketika ada promo pesawat atau kereta yang tiba-tiba datang. Ya, kita tau sendiri biaya paling tinggi buat backpacker-an itu ya di transport dan penginapan. Kamu harus siap ketika promo datang, harga tiket pesawat bisa murah banget bahkan bisa gratis!

    Anda bisa baca artikel untuk Tips untuk Mendapatkan Tiket Pesawat

    Kalau backpacker di dalam negeri, tiket promo kereta api nggak boleh kamu lewatkan! Semakin kecil pengeluaran, semakin sah kamu disebut backpacker sejati. Yuk berburu tiket, Guys!

    Nah, kamu sudah tau tips-tips nya kan! So, kamu tunggu apalagi? Ambil ranselmu dan segera lakukan petualangan terhebatmu!


    .
    Terima Kasih Telah Membaca Artikel : Tips Travelling Yang Harus Diketahui Oleh BackPacker
    Add a Comment. Read Comment Policy ▼
    Please Note
    - No live link
    - Pergunakan bahasa baku dan tanpa singkatan serta sesuai dengan topik pembahasan
    - Komentar yang relevan akan saya balas dan kunjung balik secara otomatis (tanpa meminta)
    - Tekan "subscribe by email" untuk mengetahui balasan dari saya
    - Untuk mendapatkan BACKLINK, gunakan OpenID. Baca --> Cara mengaktifkan OpenID

    No comments:

    Post a Comment

    + Follow
    Join on this site

    with Google Friend Connect

    COPYRIGHT

    Seluruh artikel atau konten yang ada di blog MY-SEVEN7ASH ini sifatnya adalah Open Source.

    Artinya, Anda boleh mengcopy sebagian artikel yang ada di blog ini, tapi kami mohon untuk tidak melakukan copy paste melalui feeds (xml) karena itu bisa menghancurkan blog ini.

    Mencantumkan sumber atau tidak itu merupakan hak Anda.
    back to top